Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Monday, January 23, 2012

Penggunaan membran kerabang telur di dunia pangan

Membran kerabang telur ternyata mempunyai banyak manfaat. Selama ini kita selalu tidak mempedulikannya akan tetapi ternyata bisa memberi manfaat yang banyak bagi dunia pangan dan kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

Membran kerabang telur adalah membran tipis yang berada di bagian dalam telur (lihat gambar). Bentuknya mungkin mirip dengan selaput kulit salak. Membran tipis ini sedikit lentur dan mempunyai pori yang cukup besar dibandingkan dengan pori kerabang telur.

Metode pengelupasan membran ini, dapat dilakukan dengan mencelup kerabang telur ini ke dalam air selama semalam dan keesokan harinya, membran ini akan dengan mudah dilepaskan. Setelah terkelupas, maka membran ini siap untuk dimanfaatkan.

Pemanfaatannya antara lain adalah untuk mengimobilisasi enzim. Dengan diimobilisasi, enzim dapat digunakan berulang kali. Hal ini sangat berguna untuk menekan biaya pengeluaran enzim, yang sebagaimana diketahui, harganya sangat mahal. Dengan menggunakan membran ini, maka enzim yang mahal itu, dapat digunakan semaksimal mungkin sehingga bisa menekan biaya.

[Staff-134]

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...