Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Tuesday, June 5, 2012

Pangan Sehat dengan Bekatul


Dewasa ini bekatul semakin pamor di kalangan masyarakat, bukan sebagai fungsi awalnya yang lebih banyak digunakan untuk pakan ternak, kini bekatul terutama bekatul merah telah banyak dimanfaatkan dalam dunia pangan dengan menimbang begitu banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, terutama kandungan serat kasarnya yang banyak dilirik untuk diet penurunan berat badan maupun diet penyakit seperti diabetes melitus.

Perluasan pemanfaatan bekatul menjadi bahan pangan tambahan ini sebenarnya bukanlah hal baru, justru kita kembali belajar dari pengalaman nenek moyang jauh sebelum mereka mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat zaman dahulu mengkonsumsi beras tumbuk yang masih mengandung 50% bekatul dan pengalaman mengatakan bahwa usia mereka jauh lebih lama dan jarang sekali terserang penyakit degeneratif.

Bekatul dapat dikonsumsi sebagai makanan tambahan. Bisa dicampur sebagai bahan pembuat roti, dikonsumsi seperti oat, diminum dengan air hangat dan gula dll sesuai selera dengan penanganan yang tepat sehingga tidak merusak nutrisinya. Bekatul mengandung komponen bioaktif pangan yang bermanfaat bagi kesehatan, sehingga bekatul sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi pangan fungsional yang bernilai gizi dan menyehatkan.

Manfaat bekatul untuk kesehatan:

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada bekatul sangat baik untuk pencernaan manusia. Sebab, bekatul tergolong serat yang tidak larut sehingga mampu meluruhkan lemak-lemak yang menempel pada usus. Kandungan seratnya juga memperlancar buang air besar sehingga Waktu transit makanan di usus bisa lebih cepat dibanding sebelumnya. Selain itu, bekatul juga baik untuk penderita maag, sebab serat bekatul juga berfungsi pada pengenceran asam-asam atau garam-garam empedu, sterol serta beberapa zat makanan.

2. Mencegah Proses Oksidasi
Vitamin E, B15 dan oryzanol merupakan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah proses oksidasi akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh. Antioksidan ini akan bereaksi dengan oksidan untuk menghambat oksidasi dan stres oksidatif pada sel-sel tubuh. B15 telah terbukti menurunkan kolesterol darah, meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi umum sel dan jaringan, dan membantu untuk arteriosclerosis dan hipertensi. Bekatul juga mengandung asam ferulat (ferulic acid), yang telah diketahui secara luas sebagai antioksidan dan bahan fotoprotektif. Asam ferulat akan melindungi asam lemak melawan kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh berbagai jenis polutan, peroksida, dan radikal bebas yang dibentuk selama proses meta-bolisme tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat kasar yang menyebabkan pencernaan lancar menyebabkan makanan cepat mengalami proses metabolisme bahkan turut meluruhkan lemak yang menempel di usus untuk segera dikeluarkan tubuh melalui proses defekasi.Dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam bekatul serta manfaatnya, tentu tidak salah jika bahan makan ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

4. Mengurangi Risiko berbagai macam penyakit
Vitamin B1 dan B2 dalam bekatul dapat menghindarkan risiko nyeri saraf atau neuritis. Kandungan kalorinya rendah sehingga baik untuk penderita diabetes mellitus ( kencing manis ) tipe 1 dan type 2, membantu mengobati hipertensi ( tekanan darah tinggi), hipercholesterolaemi ( kadar kolesterol tinggi ), arteriosclerosis ( pengapuran pembulu darah ), heart Infarct ( serangan jantung karena penyumbatan ),coronair Insufficiency ( gangguan aliran pembuluh darah jantung ), asthma Bronchiale ( bengkak, asma ), penyakit asthma tidak akan kambuh kalau teratur makan bekatul ( 2 x 1 sdm munjung ), cirrhosis Hepatis ( memperbaiki fungsi hati ), rheumatic ( encok ),gejala sering sakit kepala, sering pusing pada tekanan darah rendah,gejala sering 'berdebar jantung' dan 'extrasystole'. Bekatul merah juga dapat meningkatan daya tahan fisik ( ausdauer ), mencegahan kanker colon ( usus besar ) dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak cepat lelah.

Kontributor IFT : Siti Mutmainah
Foto: http://www.gasolorganik.com
------------------------------------
Website http://ift.or.id ini merupakan top search artikel pangan di Indonesia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengirimkan artikel pangan kepada kami. Artikel Anda dapat segera menjadi artikel populer di Indonesia. Pengiriman artikel hanya akan dilayani via online di http://publikasi.ift.or.id/kirim-artikel atau http://journal.ift.or.id/node/14.

1 comments:

Jaman semakin maju dan setiap pribadi semakin menyadari arti pentingnya sebuah kesehatan

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...