Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Tuesday, September 11, 2012

Conjugated Linoleic Acid dan Fungsi bagi Tubuh

Conjugated Linoleic Acid atau CLA merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan geometris turunan dari asam lemak yang mengandung ikatan rangkap terkonjugasi. Asam lemak terkonjugasi memiliki banyak bentuk yang diakibatkan oleh proses konfigurasi, namun bentuk utamanya adalah cis 9,trans 11-CLA yang terdapat pada produk pangan hasil hewan ruminan.

Sumber utama asam linoleat terkonjugasi berasal dari daging (daging sapi dan daging kambing), susu dan keju. Penelitian yang banyak dilakukan oleh para ilmuan, mengambil senyawa asam lemak terkonjugasi dari minyak tanaman yang banyak mengandung asam linoleat seperti biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak kelapa sawit. Salah satu contoh substansi yang telah terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan berat badan dan kanker.

CLA dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah, sehingga dapat mengurangi masalah kegemukan / obesitas. Dengan meminimalisir resiko terkena obesitas, tingkat resiko terkena penyakit terutama kardiovaskular(serangan jantung dan kanker) juga dapat berkurang.

Dikompilasi oleh A. Nitia Nefasa, Mahasiswa Magister Ilmu Ternak FPP UNDIP.
Image dari http://facultystaff.vwc.edu

------------------------------------
Website http://ift.or.id ini merupakan top search artikel pangan di Indonesia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengirimkan artikel pangan kepada kami. Artikel Anda dapat segera menjadi artikel populer di Indonesia. Pengiriman artikel hanya akan dilayani via online di http://publikasi.ift.or.id/kirim-artikel atau http://journal.ift.or.id/node/14.

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...