Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Friday, March 15, 2013

Komputerisasi/digitalisasi Produk Pertanian di Indonesia

Indonesia dan pertanian merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pembangunan pertanian di Indonesia sudah semestinya menempati posisi nomor satu dalam kebijakan pemerintah. Untuk pengembangan pertanian di Indonesia, metodenya bisa berupa metode yang sudah dikembangkan di luar negeri lalu diadaptasikan dengan keperluan di Indonesia.

Baru-baru ini, staf Indonesian Food Technologist Community, diundang untuk hadir dalam pertemuan dengan wakil dari Lincoln University, Dr. David Cobham (http://staff.lincoln.ac.uk/dcobham, untuk melihat detail). Hal yang menarik untuk disampaikan adalah pola pengembangan pertanian di Inggris, yang mengarah kepada pengayaan database produk lokal mereka. Para peneliti di universitas tersebut menggunakan sistem komputer untuk memetakan produk lokal hingga dapat menjawab berbagai persoalan di dunia pertanian melalui sistem model dengan bantuan komputer.

Teknologi seperti ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan di Indonesia dan metodenya tidak terlalu rumit. Dalam kesempatan ini, David juga menawarkan robot yang bisa mengambil image dari tempat yang jauh sesuai dengan target yang telah ditetapkan dan kemudian kembali lagi dengan membawa gambar atau video hasil jepretan robot tersebut. Mungkin untuk yang ini, sangat baik untuk memetakan berbagai flora atau fauna di kawasan pedalaman di Indonesia. Sudah saatnya Indonesia memikirkan hal ini.

Dikirim dari kontributor IFT Community untuk wilayah Jawa Tengah.

Image adalah logo Lincoln University dari wikipedia.

------------------------------------
Website http://ift.or.id ini merupakan top search artikel pangan di Indonesia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengirimkan artikel pangan kepada kami. Artikel Anda dapat segera menjadi artikel populer di Indonesia. Pengiriman artikel hanya akan dilayani via online di http://publikasi.ift.or.id/kirim-artikel atau http://journal.ift.or.id/node/14.

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...