Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Tuesday, June 25, 2013

Data statistik yang berharga yang tidak disadari

Data ternyata ada dimana-mana termasuk data yang tidak kita sadari, akan dengan mudah ditemukan sebenarnya. Terlebih lagi sekarang ini, transaksi bisa dilakukan secara online, maka data dapat diambil. Data tersebut sebenarnya oleh orang yang tepat, dapat digunakan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau bahkan dapat digunakan untuk dasar mengambil kebijakan. Hal ini disampaikan oleh Devravrat Shah, peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, United State di Nusa Dua, Bali (25/6).

Dengan menggunakan kartu kredit, data mengenai kekayaan seseorang, kebutuhan keseharian, gaya hidup, dan volume pekerjaan dapat diketahui. Akan tetapi data ini sering kali tidak disadari dan tidak dianggap sebagai suatu hal yang penting, padahal data ini merupakan hal yang sangat berarti untuk menentukan kebijakan khusus, misalnya: berapa dana pinjaman yang bisa ditawarkan untuk seseorang, atau dapat juga untuk menawarkan promosi yang tepat terhadap barang yang dibutuhkan.

Hal yang lain juga dapat diungkap dari data penggunaan kartu kredit ini. Misalnya monitoring kesehatan seseorang dari barang-barang yang dibelinya. Oleh karena itu, data ini jika jatuh pada orang yang tepat, maka akan sangat berguna. Rupanya perkembangan ini sudah dimulai di Indonesia dengan hal yang kecil. Contohnya, menyebutkan nomor HP di kasir saat pembayaran. Hal ini telah dilakukan oleh sebuah mart di Indonesia, yang sebenarnya perusahaan itu sedang mengumpulkan data tanpa disadari oleh konsumennya. Perusahaan itu akan menawarkan hadiah yang berlimpah, supaya dapat dijalankan tanpa terasa, tapi percayalah, hasil yang didapat akan jauh lebih banyak dari hadiah yang diberikan itu.

------------------------------------
Website http://ift.or.id ini merupakan top search artikel pangan di Indonesia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengirimkan artikel pangan kepada kami. Artikel Anda dapat segera menjadi artikel populer di Indonesia. Pengiriman artikel (untuk web maupun untuk jurnal) hanya akan dilayani via sistem online di http://journal.ift.or.id

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...