Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Tuesday, December 30, 2014

Metode untuk Mengukur Derajat Keasaman Susu dengan Titrasi

Keasaman susu sering diukur dengan menggunakan cara titrasi menggunakan larutan alkali. Titrasi keasaman susu adalah jumlah ion OH yang ditambahkan untuk meningkatkan pH susu sebanyak 100 ml sampai sebesar 8,4. Jika pH susu sebesar 8,4 telah tercapai, maka phenolphtalein akan membuat warna susu menjadi pink yang stabil. Jika susu dinilai sudah asam, maka alkali yang digunakan untuk membuat susu menjadi pH 8,4, jumlahnya meningkat.

Derajat keasaman dapat bervariasi unitnya. Derajat SH atau ˚SH yang merupakan singkatan dari Soxhlet Henkel. Nilai ˚SH didapat dari titrasi dengan menggunakan 0,25N NaOH. Susu normal akan memberikan nilai 7˚SH. Sedangkan ˚Th atau Thorner degree juga dapat digunakan juga sebagai unit keasaman. Derajat Th ini didapatkan dengan cara melakukan titrasi dengan menggunakan 0,1N NaOH. Susu normal mempunyai nilai 15˚Th. Derajat Dornic atau ˚D juga dapat digunakan sebagai unit keasaman dan susu normal biasanya mempunyai nilai 15˚D. Derajat Dornic didapat dengan cara titrasi susu dengan menggunakan 0,1N NaOH. Sedangkan %l.a. atau % lactic acid juga dapat digunakan dengan membagi nilai ˚D dengan 100.

Disusun oleh Ahmad disadur dari beberapa sumber pustaka.

Cara sitasi sumber ini:
Ahmad. 2014. Metode-metode untuk Mengukur Keasaman Susu. Newsletter Indonesian Food Technologists.

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Artikel ini disusun oleh kontributor IFTCommunity.
Ingin menjadi kontributor? Jika berminat, silakan ajukan lamaran Anda untuk menjadi kontributor IFTC melalui email: redaksi@ift.or.id

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...