Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Saturday, April 11, 2015

JATP Resmi menjadi Member CrossRef: Proof of Quality

Ucapan selamat ditujukan kepada Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan (JATP) karena telah resmi menjadi member dari CrossRef. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan menjadi bukti yang otentik bahwa JATP diminati oleh para penulis artikel ilmiah di bidang pangan dan bukti dari kerja keras para anggota dewan redaksi dalam mempertahankan rutinitas terbit jurnal. Sejak pertama kali berdiri, yaitu tahun 2012, JATP mendapat dukungan berbagai artikel dan rupanya untuk mendapatkan artikel dengan kualifikasi tertentu, sangat susah. Hal ini mungkin berhubungan dengan budaya menulis yang masih belum tinggi di Indonesia. Wajar, karena untuk menulis artikel ilmiah yang terbit dalam jurnal, tidak hanya berbekal pada laptop saja, namun juga berbekal pada data. Tahun 2012 telah berhasil dilalui dengan baik karena dinilai dapat menjaga rutinitas terbit sebanyak empat kali dalam setahun. Hal ini berlanjut pada tahun-tahun berikutnya dan rutinitas terbit dapat terjada hingga saat ini.

Satu Artikel untuk Satu Alamat Website
Para penulis artikel ketika harus menunjukkan tulisannya untuk ditunjukkan ke orang lain, misalnya atasan atau tim penilaian angka kredit, biasanya akan ditanyakan apakah artikel ini sudah diunggah ke internet atau belum. Jika sudah diunggah, maka akan ditanyakan alamatnya. Setiap artikel yang dipublikasikan di JATP sudah dipastikan mempunyai alamat link yaitu http://journal.ift.or.id/node/xx. Huruf xx ini adalah angka atau huruf spesifik artikel. Dengan didapatkannya nomor doi, maka tiap artikel kini akan mendapatkan nomor doi yang dapat dijadikan sebagai alamat artikel tersebut dalam jaringan publikasi internasional. Misalnya, sebuah artikel mempunyai doi 10.17728/jatp.2015.10 maka artikel tersebut sebenarnya mempunyai link atau tautan di http://dx.doi.org/10.17728/jatp.2015.10. Silakan dicoba untuk artikel lainnya.

Upaya yang telah dilakukan untuk mendapatkan nomor doi ini adalah suatu bukti nyata bahwa JATP selalu mengedepankan unsur kualitas publikasi. Tunggu apalagi, silakan submit artikel penelitian melalui fasilitas online di http://journal.ift.or.id. Artikel yang masuk akan segera mendapat review dari para reviewer JATP dan dewan redaksi akan selalu pada prinsip: fast response serta rapid review sehingga artikel akan secara cepat dapat dipublikasikan. JATP akan selalu berupaya menjadi mitra para penulis bidang pangan yang dapat diandalkan.

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Artikel ini disusun oleh kontributor IFTCommunity.
Ingin menjadi kontributor? Jika berminat, silakan ajukan lamaran Anda untuk menjadi kontributor IFTC melalui email: redaksi@ift.or.id

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...