Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Friday, March 2, 2012

Gandum : Pangan Alternatif Sumber Karbohidrat yang Tengah Dikembangkan di Indonesia

ift.or.id - Gandum (Triticum sp.) merupakan salah satu tanaman serealia yang banyak mengandung karbohidrat. Gandum merupakan bahan utama untuk pembuatan tepung terigu yang sering digunakan untuk membuat roti, mie, kue, makaroni, pasta, pudding, oatmeal, biskuit dan juga es krim. Tanaman ini tumbuh baik di daerah beriklim sub tropis, jadi tidak heran jika di Indonesia jarang ditemui tanaman ini kecuali di beberapa daerah pegunungan dan dataran tinggi yang bersuhu lebih rendah.

Di Indonesia sendiri, gandum lebih banyak dikonsumsi dalam bentuk roti dan mie instan karena praktis dan bergizi. Perubahan gaya hidup dengan semakin tingginya konsumsi gandum ini bukanlah hal yang buruk mengingat makin berkurangnya produksi beras Indonesia akibat bencana, iklim dan pengalihan fungsi lahan pertanian serta pertumbuhan penduduk yang selalu meningkat tiap tahunnya yang secara langsung menempatkan posisi gandum sebagai pangan alternatif sumber karbohidrat.

Gandum telah memikat hati masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun. Tahun 2006, konsumsi gandum di kalangan masyarakat sebanyak 100.000 ton/bulan, pada 2007 sekitar 120.000 ton/bulan, dan tahun 2008 sebanyak 161.000 ton/bulan. Tingginya permintaan akan gandum telah menggerakkan Indonesia untuk bekerjasama dengan perusahaan di Slovakia untuk riset dan development bidang penanaman dan pengembangan gandum di Indonesia. Kerjasama penanaman gandum di Indonesia tersebut diharapkan dapat berhasil sehingga mampu mengurangi ketergantungan kita terhadap impor gandum yang meningkat tiap tahunnya.

Sumber gambar: http://my80vity.blogspot.com.

-Kontributor IFT Siti Mutmainah-

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...