Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan | Feed

Wednesday, May 30, 2012

Keju dan Manfaat Kesehatan

 Keju merupakan sumber konsentrat dari protein susu. Niai gizi keju tergantung pada jenis susu atau bahan non susu yang digunakan, sebagai proses manufaktur. Menurut beberapa penelitian kandungan nutrisi keju terdiri atas kalsium 27%, fosfor 11%, vitamin A 9%, dan seng 7% namun kandungan kalorinya hanya 3%.

Beberapa manfaat keju bagi kesehatan yaitu:
1.Untuk pertumbuhan tulang
Banyak nutrisi terdapat dalam keju yang mendukung kesehatan tulang seperti kalsium, fosfor, protein, magnesium, seng, dan vitamin K. Jadi, keju ini merupakan makanan yang sangat baik untuk anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.
2. Untuk pertumbuhan gigi.
Protein di dalam keju dapat merangsang sekresi air liur dan mencegah bakteri plak, selain itu kalsium dan fosfat anorganik pada keju mengurangi demineralisasi dan meningkatkan reminalisasi dari enamel gigi.
3. Tidak ada hubungannya dengan resiko penyakit Kardiovaskular.
Beberapa peneliti menyimpulkan hasil yang bervariasi akan kandungan lemak total, lemak jenuh, dan kolesterol dalam keju terhadap resiko kardiovaskular. Namun ada penelitian yang hasilnya cukup menarik, bahwa ternyata pada perempuan, tidak ada pengaruh antara tingginya konsumsi keju terhadap resiko penyakit kardiovaskuler.

Daftar Pustaka
Jarvis, J. Dan G. Miller. 2010. Chese In Diet and Health. Dairy Foods. Maret 2010.
Greenwood, S., K. Johnson, M. Boland, dan M. Auldist. 2002. Breed Effect On The Sensory Properties of Cheese and Molk. The Australian Journal of Dairy Technology Vol. 57 No 2-Juli 2002.
Houston DK, Driver KE, Bush AJ, Kritchevsky SB. 2008. The association between cheese consumption and cardiovascular risk factors among adults. J Hum Nutr Diet. Vol 21No 2:129-40.

Artikel ini ditulis oleh Ilham Habib dan telah diedit oleh redaksi. Foto merupakan creative content milik ift.or.id dilarang diperbanyak atau copy paste tanpa seijin redaksi. Permohonan ijin dapat disampaikan ke redaksi@ift.or.id.

------------------------------------
Website http://ift.or.id ini merupakan top search artikel pangan di Indonesia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengirimkan artikel pangan kepada kami. Artikel Anda dapat segera menjadi artikel populer di Indonesia. Pengiriman artikel hanya akan dilayani via online di http://publikasi.ift.or.id/kirim-artikel atau http://journal.ift.or.id/node/14.

0 comments:

Post a Comment

ShareThis

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...